Erick Thohir Pastikan Pemain Timnas U-20 Jadi Pelapis Timnas Senior

TrendNews – Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, memastikan bahwa beberapa pemain timnas U-20 akan menjadi pelapis bagi timnas senior Indonesia dalam menghadapi laga-laga penting yang akan datang.

Langkah ini diambil untuk mempersiapkan skuad Garuda menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2026.

“Saya ingin pastikan yang U-20 juga menjadi pelapis karena di pemain U-20 ini ada dua, tiga pemain yang bisa ke depan kita bina,” ujar Erick dalam rekaman suara yang diterima di Jakarta, Rabu.

Erick menekankan pentingnya kesiapan tim pelapis dalam menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2026, yang akan menggunakan format baru dan lebih menantang.

Timnas Indonesia berhasil melaju ke putaran ketiga kualifikasi setelah mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 dalam laga Grup F putaran kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6).

Di putaran kualifikasi selanjutnya, Indonesia bersama 17 negara Asia lainnya akan dibagi ke dalam tiga grup, masing-masing berisi enam timnas.

Tim yang meraih peringkat satu dan dua di setiap grup akan otomatis lolos ke Piala Dunia 2026.

Sementara itu, peringkat tiga dan empat akan dibagi lagi menjadi dua grup yang masing-masing dihuni tiga timnas.

Pemenang dari dua grup tersebut akan mengamankan tiket ke Piala Dunia 2026, dengan tambahan laga play-off.

Erick menyebut bahwa ada 10 pertandingan berat yang akan dihadapi timnas Indonesia hingga tahun 2025, terdiri dari lima laga kandang dan lima laga tandang.

“Jadi timnas kita harus benar-benar kuat secara fisik dan mental,” ujarnya.

Ia juga menyoroti bahwa kekuatan skuad Garuda saat ini belum maksimal, dengan 11 pemain utama yang belum dilapisi 11 pemain cadangan yang memiliki kualitas seimbang.

Baca Juga  Rosalia Ocha: Selebgram Pontianak yang Berkembang di Dunia Bisnis dan Modeling

Oleh karena itu, pelatih Shin Tae-yong membutuhkan pemain pelapis yang solid, salah satunya dengan menyiapkan pemain-pemain dari timnas U-20 yang dianggap memiliki kemampuan cukup mumpuni.

Dengan demikian, keputusan Erick Thohir untuk mengintegrasikan pemain U-20 sebagai pelapis timnas senior diharapkan dapat memperkuat timnas Indonesia dalam menghadapi tantangan kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *