7 Makanan dan Minuman Ini Efektif Menghilangkan Bau Mulut, Menurut Ahli

TrendNews – Bau mulut sering menjadi masalah yang mengganggu, tetapi tahukah Anda bahwa makanan tertentu dapat memainkan peran besar dalam penyebab dan pencegahannya?

Hal ini terkait dengan keseimbangan mikrobioma mulut yang dapat terganggu oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Erin Fraundorf, DMD, MSD, seorang ortodontis dan pendiri BOCA Orthodontic + Whitening Studio, menjelaskan bahwa sisa makanan yang menempel di berbagai permukaan mulut—seperti gigi, lidah, dan jaringan gusi—menjadi sumber makanan bagi bakteri.

“Saat bakteri mengonsumsi makanan ini, hal ini dapat menghasilkan asam penyebab bau,” jelasnya, dikutip dari laman Well and Good, Selasa (11/6).

Michael Wei, DDS, seorang dokter gigi kosmetik yang berbasis di New York City, juga setuju bahwa makanan, terutama yang mengandung gula, dapat menciptakan lingkungan ideal bagi bakteri untuk berkembang biak.

“Makanan manis dapat menyebabkan bau mulut dengan menciptakan lingkungan di mulut tempat bakteri berkembang biak dan menghasilkan produk sampingan yang berbau,” tambah Dr. Wei.

Selain itu, makanan tertentu seperti bawang putih, bawang merah, dan rempah-rempah mengandung senyawa belerang yang dapat bertahan di mulut dan menyebabkan bau mulut.

Kopi, alkohol, produk susu, makanan pedas, dan ikan juga dikenal dapat mempengaruhi napas.

Untuk mengatasi masalah ini, kedua ahli merekomendasikan beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu menghilangkan bau mulut:

  1. Buah dan Sayuran Renyah
    Menurut Dr. Wei, buah-buahan dan sayuran renyah seperti apel, wortel, dan seledri dapat merangsang produksi air liur yang penting untuk menetralkan asam dan membersihkan partikel makanan serta bakteri di mulut.
  2. Jahe
    Dr. Fraundorf merekomendasikan jahe karena mengandung 6-gingerol, senyawa yang dapat menetralkan bakteri penyebab bau di mulut.
  3. Makanan Kaya Probiotik
    Makanan seperti yogurt dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di mulut, yang penting untuk mengendalikan bakteri penyebab bau.
  4. Herbal
    Peterseli, spearmint, ketumbar, biji adas, cengkeh, dan adas manis mengandung senyawa yang terbukti dapat membunuh bakteri jahat di mulut dan meningkatkan kesegaran napas.
  5. Permen Karet Tanpa Gula
    Mengunyah permen karet bebas gula dapat meningkatkan aliran air liur yang membantu membersihkan partikel makanan serta mengencerkan dan menetralkan asam yang dihasilkan oleh bakteri plak pada gigi.
  6. Teh Hijau
    Teh hijau mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut dan meningkatkan kesehatan gusi.
  7. Air
    Minum banyak air membantu membersihkan partikel makanan dan bakteri di mulut serta merangsang produksi air liur.
Baca Juga  Cara Alami Mengatasi Karang Gigi yang Sudah Mengeras: Tips Efektif untuk Kesehatan Gigi Anda

Dengan memasukkan makanan dan minuman ini dalam diet harian serta menjaga rutinitas kebersihan mulut yang baik, Anda dapat mengurangi dan mencegah bau mulut, menjaga napas tetap segar dan mulut tetap sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *