Apple Perkenalkan Fitur InSight untuk Apple TV+ dan Pembaruan tvOS 18 di WWDC 2024

TrendNews – Apple umumkan fitur baru yang inovatif untuk layanan streaming Apple TV+, disebut InSight, pada gelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 yang berlangsung Senin lalu.

Fitur ini memungkinkan penonton untuk mengetahui nama aktor dan judul lagu yang muncul di layar dengan cara yang praktis dan interaktif.

InSight, yang mirip dengan fitur X-Ray dari Amazon, memberikan ringkasan biografi aktor dan informasi di balik layar saat menonton acara TV dan film.

Namun, yang membedakan InSight adalah fungsionalitas seperti Shazam yang dimilikinya.

Fitur ini mampu menyoroti lagu yang sedang diputar dalam acara TV atau film dan memberi pengguna opsi untuk menambahkannya ke daftar putar Apple Music untuk didengarkan nanti.

Untuk menggunakan InSight, pelanggan Apple TV+ cukup menggunakan remote mereka untuk menampilkan nama aktor dan informasi karakter secara real-time.

Pengguna juga dapat melihat halaman latar belakang dan filmografi aktor tertentu, serta mengakses soundtrack langsung di Apple Music melalui tautan yang disediakan.

Selain InSight, Apple juga mengumumkan beberapa pembaruan untuk tvOS, perangkat lunak yang berjalan di Apple TV.

Pembaruan ini termasuk peningkatan pengalaman audio dengan membawa dialog yang lebih jelas ke speaker TV, penerima, AirPods, dan perangkat Bluetooth lainnya.

Fitur Enhance Dialogue, yang sebelumnya hanya tersedia untuk pengguna dengan speaker HomePod, kini semakin cerdas dengan tvOS 18.

Berkat pembelajaran mesin dan audio komputasional, Enhance Dialogue mampu memberikan kejernihan vokal yang lebih baik di atas kebisingan latar belakang, musik, dan adegan aksi di Apple TV 4K.

Fitur lainnya yang akan hadir di tvOS 18 adalah kemampuan untuk otomatis mengaktifkan subtitle dalam situasi tertentu, seperti ketika volume dibisukan, bahasa dalam acara atau film tidak cocok dengan bahasa perangkat, atau ketika pengguna ingin memutar ulang adegan.

Baca Juga  Eko Dony Prayudi: Jejak Kuliner dan Budaya Indonesia dari Sabang hingga Amerika

TvOS 18 dijadwalkan akan tersedia akhir tahun ini.

Dalam acara yang sama, Apple juga meluncurkan pembaruan besar untuk aplikasi Photos di iOS 18, VisionOS 2 untuk Vision Pro, serta aplikasi Kalkulator dengan fitur-fitur baru untuk iPad.

Informasi ini disiarkan oleh TechCrunch pada Senin (10/6).

Dengan rangkaian fitur baru ini, Apple terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pengalaman pengguna di seluruh ekosistem produknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *