Rahasia Sukses Membuat Lupis Kenyal dan Gurih di Rumah

TrendNews – Menyajikan lupis kini semakin mudah dengan tips sederhana membuatnya di rumah.

Berbahan dasar ketan dan disajikan dengan taburan kelapa, lupis yang kenyal dan gurih dapat dengan mudah disiapkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

Berikut adalah tips sederhana untuk membuat lupis yang kenyal dan gurih:

  1. Rendam Beras Ketan: Sebelum mengolah beras ketan, rendam beras ketan minimal 2 jam atau semalaman. Tambahkan sedikit garam pada beras ketan yang sudah direndam untuk memberikan cita rasa gurih pada lupis.
  2. Tambahkan Air Kapur Sirih: Opsional, namun dapat meningkatkan kekenyalan lupis. Gunakan sekitar 1 sendok makan air kapur sirih saat mengolah adonan.
  3. Proses Perebusan Lupis: Lakukan proses perebusan lupis dengan metode 10-30-10. Masukkan lupis ke dalam air dingin, nyalakan api setelah semua lupis masuk, dan masak selama 10 menit setelah air mendidih. Matikan api, biarkan selama 30 menit dalam keadaan ditutup, lalu lanjutkan dengan mengukus lupis selama 10 menit lagi.
  4. Kukus Parutan Kelapa: Untuk taburan, gunakan kelapa setengah tua yang diparut memanjang. Kukus kelapa selama 10-15 menit dengan tambahan daun pandan dan sedikit garam untuk aroma dan rasa yang lebih gurih.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, tiriskan lupis sebelum disantap. Nikmati lupis dengan tekstur kenyal dan gurih yang lebih lezat dari buatan pedagang.

Baca Juga  Enika: Perjalanan Cosplay Penggemar Gaya Harajuku dan Kiprah sebagai Member Spicachu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *