Upaya Keamanan Siber Indonesia Diuji Di Tengah Kebocoran Data

TrendNews – Pusat Data Nasional Sementara (PDNS) Indonesia menjadi target serangan siber yang mengakibatkan 47 domain layanan atau aplikasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tidak dapat diakses publik.

Serangan ini menyebabkan kebocoran data masyarakat Indonesia dan menimbulkan kekhawatiran di kalangan publik.

Meskipun Indonesia meraih peringkat keempat dalam keamanan siber di kawasan ASEAN menurut National Cyber Security Index (NCSI) per September 2023, dengan skor 63,64, kejadian ini menunjukkan tantangan serius dalam upaya melindungi ruang siber negara.

NCSI, yang dibuat oleh e-Governance Academy Foundation, mengukur kesiapan suatu negara dalam menghadapi ancaman siber dari berbagai aspek, termasuk hukum, kebijakan, organisasi, dan pendidikan.

Indeks tersebut menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya, namun Indonesia masih menghadapi tantangan dalam mengamankan data publik dan infrastruktur kritis dari serangan siber.

Dengan peringkat global ke-49 dari 176 negara, upaya perbaikan dan peningkatan keamanan siber menjadi krusial bagi pemerintah Indonesia dalam menjaga kepercayaan masyarakat dan melindungi informasi sensitif.

Baca Juga  Ramalan Zodiak Cinta Besok Kamis (27/6): Tiga Zodiak Paling Beruntung dalam Asmara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *